Tips Mudah Memperbaiki Ponsel Terendam Air

Aingindra.com – Tentunya kita tahu betapa pentingnya sebuah ponsel ataupun smartphone android yang notabene menjadi salah satu bagian yang tak terlepaskan dari komunikasi yang memang pada hakikatnya merupakan sebuah alat telekomunikasi.

Namun seiring dengan perkembangan zaman fungsi smartphone kini tak hanya sebagai alat komunikasi semata melainkan bisa dijadikan sisi trend dan juga sebagai alat untuk membantu dalam pekerjaan tergantung darimana memandangnya.

Tentu kita menempatkan ponsel ke sisi terpenting dalam aktivitas sehari-hari dan bayangkan ketika ponsel anda bermasalah, rusak atau bahkan lupa terndam air, tentu hal tersebut sangat tidak ingin terjadi bukan. Bahkan terkadang semakin canggih ponsel juga semakin renta terhadap segala hal, termasuk air. Meskipun banyak vendor ponsel kini telah membekalinya dengan teknologi anti air namun masih banyak juga ponsel pintar yang belum dibekali fitur tersebut.

Lantas adakah cara agar ponse kita tetap hidup normal kembali meski sebelumnya terendam air?

Tentunya ada beberapa cara namun tak serta merta ponsel akan hidup secara normal tergantung kerusakan yang terjadi diponsel tersebut sebagai akibat dari terendam air.

Tips Mudah Memperbaiki Ponsel Terendam Air

1. Tentunya langkah antisipasi sebelum terlanjut mengalami kerusakan berat yakni segera ambil ponsel yang terendam air secepat mungkin. Hal tersebut tentu menjadi faktor penentu dalam keberhasilan menyelamatkan ponsel tersebut mengingat banyaknya komponen yang telah terendam oleh air.

2. Matikan ponsel yang terendam tadi dan keringkan, jangan menghidupkan smartphone saat komponen masih basah oleh air karena ditakutkan menimbulkan korsleting dan menghilangkan harapan ponsel anda untuk hidup kembali seperti sediakala.

3. Langkah mengeringkan ada baiknya dengan menggunakan handung yang memiliki tingkat penyerapan air yang baik lalu lepas baterai ponsel tersebut. Nah untuk mengindikasi kerusakan lebih lanjut ada baiknya untuk melakukan pengecekan dibagian kotak kecil yang berlokasi dipojok tempat terpasangnya baterai. Jika kotak kecil tersebut berwarna putih atau hitam maka ponsel anda masih bisa diselamatkan namun jika sudah berganti warna tentu pertanda kerusakan telah menjalar sebagai akibat dari merembesnya air kedalam komponen lainnya.

3. Jangan lupa untuk mengamankan beberapa hal penting seperti kartu memori maupun Micro SD dan keringkan seperti bagian awal dengan menggunakan handuk.

4. Anda dapat menggunakan alat seperti mesin penyedot debu, vacuum cleaner guna menyerap air yang telah meresap ke bagian komponen ponsel anda, namun perlu diketahui jangan sekali kali anda mengeringkan dengan “Hari Dryer” alias mesin pengering rambut karena hal tersebut justru akan membuat kerusakan semakin parah karena air akan meresap dan dipaksa kering oleh panasnya angin tersebut.

5. Mengenai mitor menggunakan beras rasanya tak ada salahnya untuk dicoba. Ya alternatif lain untuk mengeringkan sisa air yang berada dikomponen ponsel yakni menggunakan beras. Siapkan wadah khusus lalu isikan beras, kemudian masukkan ponsel anda. Tunggu hingga semalaman atau lebih lama, usahakan setiap beberapa jam sekali anda membalikkan posisi ponsel agar air yang terperangkap dapat mengalir ke luar lewat bagian bawah.

6. Selanjutnya setelah dipastikan dan yakin ponsel tersebut kering cobalah untuk menghidupkannya. Lakukan pengecekan secara terus menerus terlebih bagian komponen ponsel anda dan baterai anda. Jika masih tetap tidak menyala tak ada salahnya untuk membawa ponsel anda ke Service Center terdekat.

#Tips Ponsel Terendam Air

Advertisement
Tips Mudah Memperbaiki Ponsel Terendam Air | Imam Bukhori | 4.5