Tips Mencegah Baterai Smartphone Cepat Menggelembung

Mungkin Anda sudah pernah mengalami hal seperti ini, tanpa disadari tiba-tiba baterai smartphone anda menggelembung dan efek yang terjadi, performa dari baterai tersebut akan menurun. Ada beberapa faktor yang menyebabkan baterai menggelembung, seperti mencharger berlebihan, smartphone di tempatkan pada suhu yang panas dan lain sebagainya.

Baterai yang sudah lama tidak dipakai juga akan menurun performanya, karena senyawa metmetalic lithium yang terdapat dalam baterai tidak stabil, sehingga membuat gas didalam baterai memuai. Jadi baiknya jika smartphone ingin disimpan dalam waktu yg lama, lepas baterai dari ponsel terlebih dahulu.

Inilah hal-hal yang perlu diperhatikan agar baterai smartphone anda tetap dalam kondisi prima dan mencegah baterai menggelembung.

1. Usahakan tidak mengisi baterai melebihi kapasitasnya.

Men-charger terlalu lama hingga melebihi kapasitas dari baterai adalah salah satu faktor yang membuat baterai menggelembung. Usahakan sesegera mungkin melepas baterai yang sudah terisi penuh. seperti anologi sederhana saja, balon yang terus diisi angin melebihi batas kekuatan tampungnya, lama kelamaan akan meledak. Untuk smartphone terkini ada yang dilengkapi teknologi canggih, setelah baterai terisi penuh secara otomatis proses charging akan terputus.

2. Pastikan menggunakan charger bawaan ( Original Charger ).

usahakan men-charging menggunakan charger asli, karena setiap charger mempunyai voltase yang berbeda-beda dalam menghantarkan aliran listrik. Jika dipaksakan, dapat dipastikan performa baterai akan menurun bahkan terjadi penggelembungan.

3. Perhatikan penempatan smartphone – Jauhkan dari suhu panas.

Harus diperhatikan, baterai jenis lithium cukup sensitif pada suhu panas, tempatkanlah ponsel anda ditempat yang jauh dari suhu panas. Pemakainan ponsel terlalu lama dapat juga meningkatkan suhu panas pada ponsel, terutama pada bagian belakang, usahakan meng-istirahatkan sejenak agar ponsel kembali pada suhu normal.

4. jangan biarkan baterai benar-benar kosong.

Jika hal ini terjadi, akan dibutuhkan daya besar untuk mengisi sel-sel baterai yang hilang. Baiknya matikan perangkat sebelum daya baterai benar-benar habis dan sesegera menchargingnya.

Itulah beberapa tips mencegah baterai smartphone agar tidak mudah menggelembung, semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Advertisement
Tips Mencegah Baterai Smartphone Cepat Menggelembung | Anthon | 4.5