Home Android Tips dan Trik Menghemat Baterai Android

Jika kita membicarakan Smartphone, tentunya tidak akan ada habisnya. Pasalnya setiap waktu, ponsel smartphone, terutama android memiliki perkembangan yang sangat cepat. Berbagai vendor mengembangkan ponselnya untuk memberikan perangkat yang lebih baik dari sebelumnya. Seperti halnya vendor Samsung, HTC, Sony, dan juga tak kalah vendor lokal.

Namun seperti yang kita ketahui sendiri, dengan Android kita bisa menginstall banyak aplikasi yang memang menggoda seperti Aplikasi Game, aplikasi edit foto, dan juga aplikasi lain. Dengan banyaknya aplikasi tersebut, tentunya membutuhkan tenaga yang besar pula. Oleh karena itu, banyaknya aplikasi menyebabkan daya baterai cepat habis.

Mungkin itulah salah satu kelemahan dari ponsel android. Karena kebanyakan aplikasi dan juga manfaat, sehingga membutuhkan daya baterai yang cukup besar. Namun, tentunya itu bisa diatasi dengan beberapa Trik Menghemat Baterai Android. Nah, kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai cara Menghemat Baterai Android yang cukup ampuh yang juga saya gunakan.

Kecerahan Latar Belakang
Salah satu cara yang cukup ampuh untuk dilakukan adalah setting kecerahan layar anda seminimal mungkin. Hal ini bisa anda lakukan, untuk menghemat baterai android. Karena tampilan atau display layar latar belakang membutuhkan daya yang cukup besar dan cukup memboroskan baterai.

Matikan Koneksi
Terkadang cara ini dilupakan oleh sebagian pengguna android. Beberapa kali kejadian kelupaan untuk mematikan sesaat setelah menggunakan Koneksi seperti Wifi, Bluetooth, atau koneksi yang lainnya. Karena jika koneksi kita hidupkan, maka gadget kita akan terus mencari sinyal, dan hal tersebut dapat menyedot daya baterai anda.

Install Advance Task Killer
Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat mematikan proses dari aplikasi yang berjalan. Jika anda memiliki aplikasi yang jarang atau tidak pernah dipakai, anda bisa mematikannya melalui aplikasi ini. Sehingga anda bisa lebih menghemat baterai anda. Karena jika aplikasi masih terus berjalan, dapat menyedot daya baterai anda.

Install Baterai Saver
Ada beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan baterai anda. Salah satunya adalah dengan cara menginstall aplikasi baterai saver. Beberapa aplikasi ini bekerja dengan berbeda cara, ada yang menggunakan metode mematikan data, dan juga ada cara lain. Beberapa aplikasi diantaranya adalah Deep Sleep Battery Saver, 2x Battery, JuiceDefender, dan aplikasi lainnya.

Jangan Gunakan Background Animasi
Sebisanya hindari penggunaan background animasi. Karena background tersebut menghabiskan daya baterai cukup besar. Gunakan background polos untuk meminimalisir penyedotan daya baterai.