Terus Berinovasi, Website BCA Adopsi Teknologi GSA

Setelah meluncurkan layanan inovatif myBCA, tampaknya inovasi sistem digital perbankan dari Bank Central Asia (BCA) masih berlanjut. Kali ini giliran website BCA.co.id yang divermak makin cantik.

Dengan struktur komposisi layout yang lebih compact, website yang beralamat di www.bca.co.id ini dilengkapi dengan teknologi Google Search Appliance (GSA).Dengan teknologi ini, pengguna website dapat menemukan hasil pencarian yang jauh lebih cepat dan akurat.

Teknologi GSA memiliki cara kerja mirip seperti bagaimana mesin pencari Google menyajikan apa yang dicari oleh penggunanya. Bedanya, karena teknologi ini tersemat di website BCA, maka hasil pencariannya tentu saja berdasarkan database yang ada pada website www.bca.co.id. Dengan begini, apa yang kita cari hasilnya lebih relevan dan 100% dapat dipercaya, karena tidak ada konten yang disajikan dari situs lain.

GSA menjadikan besarnya data di webiste BCA bukan sebuah masalah untuk disajikan kepada pengguna. Metode ini tentu memungkinkan tampilan website juga menjadi lebih sederhana dan efek manfaatnya adalah situs menjadi lebih ringan diakses tanpa harus menampilan seluruh isi website dengan puluhan navigasi atau bahkan ratusan paginasi.

Homepage Baru Website BCA

 

Beberapa kelebihan mendasar berkat pengadopsian teknologi GSA ini adalah :

  1. Penyortiran berdasarkan metadata. Sistem mampu menyortir hasil penelusuran berdasarkan penulis, tanggal, kata kunci, atau atribut lainnya. Sehingga pengguna dapat menyaring sejumlah besar hasil dengan cepat untuk langsung menemukan apa yang mereka butuhkan.
  1. Pemeriksaan ejaan & sinonim. GSA secara otomatis menyarankan ejaan kata yang paling umum. Kecanggihan GSA juga secara otomatis memperluas kueri untuk menyertakan sinonim, sehingga memberikan hasil yang lebih relevan.
  2. Autocomplete. Pengguna akan mendapatkan saran yang relevan saat mulai memasukkan kata kunci, mirip seperti di mesin pencari Google. Anda dapat memilih dari daftar istilah penelusuran umum sehingga tak perlu mengetik lagi.

Beginilah GSA bekerja. Langsung menyajikan apa yang kita butuhkan.

Cara Kerja GSA

 

Efektivitas Menu

Disamping pengaplikasian teknologi GSA, seperti disebutkan di atas tadi, homepage BCA juga lebih compact. Hanya menu-menu primer yang ditampilkan. Ini menjadi lebih efektif, karena selebihnya bisa kita temukan di kolom pencarian. Menjadi lebih to the point dibanding kita harus ngubek-ngubek halaman website untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

Di bagian bawah kolom pencarian terdapat 5 menu yang saya yakin kelima menu ini dipilih karena berdasarkan fungsinya yang strategis dan memiliki impresi kunjungan yang tinggi. Kelima menu tersebut adalah Promo, Lokasi BCA, Kurs BCA, Karir, dan Profil Perusahaan.

Fitur baru website BCA

Jika menu-menu tersebut di-klik, kita akan dibawa ke halaman yang lebih lengkap sebagaimana halaman wesbite www.bca.co.id versi semula.

Komposisi Menu

 

Uji Kecepatan

Sekarang, mari kita lihat seberapa cepat durasi akses website www.bca.co.id ini. Diuji menggunakan GTMetrix hasilnya memang luar biasa, www.bca.co.id mendapatkan Page Speed Grade A (94%)dan Yslow Grade B dengan breakdown skor hampir semuanya A.

Speedtest

 

Hasil page speed A dan Yslow Grade ini tentunya sangatlah luar biasa, sebagai pembanding hasil test GtMetrix terhadap beberapa website bank besar lain di Indonesia, hasilnya paling tinggi sekitar page speed C dan Yslow B.

Kecepatan website BCA ini bisa dikata hampir secepat website google.com sendiri yang mempunyai peringkat A dan A.

Advertisement
Terus Berinovasi, Website BCA Adopsi Teknologi GSA | Aingindra | 4.5