Home Internet Perangkat Keras Dan Fungsinya Untuk Keperluan Akses Internet

Perangkat Keras Internet – Internet adalah salah satu hal yang sulit untuk dipisahkan dari seseorang, Karena beberapa orang memenuhi kebutuhannya melalui internet. Beberapa orang bahkan menggantungkan hidupnya dari internet. Namun, untuk memakai fasilitas internet, tentunya harus memiliki koneksi yang tersambung di internet. Contohnya berlangganan dari ISP, atau membeli modem.

Sebelum kita memasang internet di rumah kita atau kantor kita, tentunya ada beberapa hal yang harus dipenuhi untuk bisa memakai fasilitas internet. Oleh karena itu, disini saya akan memberikan beberapa penjelasan perangkat keras internet apa saja yang dibutuhkan untuk bisa menikmati fasilitas internet dirumah atau kantor.

1. Komputer/Laptop

Hal yang paling utama adalah komputer atau laptop tentunya. Karena komputer adalah perangkat keras komputer utama yang nantinya digunakan untuk menikmati fasilitas internet. Jika kita memasang fasilitas internet, namun tidak ada komputernya, percuma juga toh.

Spesifikasi yang dimiliki komputer atau laptop itu sendiri, sangat mempengaruhi kecepatan internet dan kecepatan komputer itu sendiri. Contohnya saja, anda mempunyai komputer dengan spesifikasi procesor dual core dengan RAM 1Gb, Namun teman anda mempunyai komputer dengan procesor Quad Core, dengan procesor 3Gb, mempunyai koneksi yang sama. Tentunya akses internet teman anda akan lebih cepat daripada akses internet yang anda miliki. Oleh karena itu, anda juga harus memperhatikan beberapa perangkat laptop anda juga seperti :

• Procesor
• RAM
• VGA
• Hard Disk
• Monitor

2. Modem

Modem atau singkatan dari Modulator Demulator adalah sebuah alat yang mengubah sinyal analog mengubah sinyal digital ataupun sebaliknya. Sehingga komputer kita dapat mengirimkan informasi yang berbentuk sinyal kepada perangkat lain yang berada di lain tempat. Jadi alurnya kurang lebih seperti ini. Saat data dari komputer digital, diubah oleh modem dalam bentuk sinyal analog. Lalu, jika ada sinyal analog masuk, maka modem akan merubah sinyal tersebut dari sinyal analog menjadi sinyal digital dan diteruskan ke komputer. Ada beberapa jenis modem yang sering digunakan oleh pengguna internet. Diantaranya adalah :

• Modem Internal

Jenis Modem ini biasanya ditancapkan pada slot yang berada di mainboard atau motherboard yang berada di CPU. Namun, jika kita menggunakan modem ini, rata-rata kecepatan yang didapat hanya sebatas 56Kbps.

• Modem Eksternal

Jenis modem ini paling sering digunakan saat ini. Seperti namanya, modem ini berada di luar CPU. Modem ini memiliki jenis macam juga. Ada modem yang menggunakan kartu, atau modem dial up, atau modem lainnya.

3. Perangkat Keras Pendukung

Selain perangkat keras utama diatas, ada juga beberapa perangkat pendukung yang bisa menjadi opsional anda. Beberapa diantaranya adalah :

• Hub / Switch 

Ini memiliki kegunaan yang berguna untuk share koneksi internet. Jadi, anda dapat membagi koneksi internet anda dengan teman anda.

• Router

Router adalah sebuah komputer spek tinggi atau perangkat yang memiliki kemampuan untuk menggabungkan 2 jaringan atau lebih untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router ini biasanya dipadukan dengan Hub atau Switch.