Panasonic Lumix DMC-CM1, Smartphone kamera 20 megapiksel

Panasonic menghadirkan seri baru smartphone kamera Lumix DMC-CM1 pada gelaran CES 2015 yang di adakan di Amerika Serikat pada tanggal 6 – 9 Januari kemarin. Pada seri terbaru ini, Lumix DMC-CM1 hadir dengan kemampuan kamera mumpuni beresolusi 20 megapiksel. Hal ini menjadi ancaman untuk Samsung yang juga memiliki smartphone kamera Galaxy K Zoom dengan resolusi 20.7 megapiksel.

Kamera 20 megapiksel yang tersemat pada Lumix DMC-CM1 didukung sensor MOS. Tak hanya itu, pada lensa kameranya, Panasonic membekali lensa dari Leica yaitu sebuah merk dagang kamera ternama di dunia. Lensa kameranya juga telah memiliki ukuran tingkat sensifitas sensor kamera terhadap cahaya atau ISO mencapai 25.600. Selain itu untuk mendukung aktifitas perekaman video, kamera Lumix DMC-CM1 mampu menghasilkan sebuah video beresolusi tinggi 4K.

Beralih ke ruang pacu, Panasonic Lumix DMC-CM1 ditenagai oleh prosesor Quad-core dengan speed clock mencapai 2,3 GHz sedangkan chipset yang digunakan ialah Qualcomm Snapdragon 801. Untuk mendukung performa perangkat tersebut, Panasonic membekali RAM sebesar 2 GB agar optimal pada saat multitasking atau pada saat menjalankan aplikasi dan game berat.

Smartphone pintar yang memiliki kamera gahar ini memiliki ukuran layar 4.7 inci beresolusi full HD 1080 x 1920 piksel. Untuk melidungi layar dari goresan, Panasonic membekali sebuah teknologi yang digadang-gadang memiliki teknologi canggih untuk memproteksi layar dengan kerapatan 469 ppi.

Lumix DMC-CM1

Menuju ke sektor penyimpanan data, Panasonic menyiapkan ruang penyimpanan internal sebesar 16 GB yang dapat diekspansi dengan hadirnya slot MicroSD hingga kapasitas 128 GB. Panasonic melepas smartphone kamera Lumix DMC-CM1 dengan harga tinggi, yakni USD1000 atau sekitar Rp 12 jutaan rupiah. Jauh lebih mahal dibanding Samsung Galaxy K Zoom yang hanya dibanderol Rp. 5.1 juta.

Advertisement
Panasonic Lumix DMC-CM1, Smartphone kamera 20 megapiksel | Anthon | 4.5