Mana yang Lebih Bagus, Teknologi Layar IPS LCD, AMOLED atau TFT?

Semakin tinggi tingkat pengguna perangkat pintar smartphone dan tablet, semakin canggih pula teknologi dan inovasi yang dihadirkan, terutama jenis dari layar yang digunakan. Saat ini terdapat tiga jenis layar yang sering digunakan produsen handset pada perangkat pintarnya diantaranya IPS LCD, AMOLED dan juga TFT. Lalu apa keunggulan dan kelemahan dari ketiga jenis layar tersebut. Berikut ulasan lengkapnya.

Layar IPS LCD

Teknologi layar pertama adalah IPS LCD. Layar dengan kepanjangan “In Plane Swtiching” ini banyak kita jumpai pada perangkat mobile kelas menengah keatas. IPS LCD merupakan suatu panel teknologi LCD yang mampu menghasilkan tampilan layar sangat baik. IPS LCD mampu menghasilkan Ketajaman layar dengan kualitas cukup baik. Namun kelemahan dari layar jenis ini adalah konsumsi daya yang cukup besar dan kecerahan yang kurang tampil sempurna.

Layar AMOLED

Layar jenis ini merupakan layar teknologi baru yang sering dijumpai pada smartphone kelas atas. AMOLED dengan kepanjangan (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) ialah layar dengan dukungan teknologi OLED “Organic Light Emitting Diode” yang merupakan sebuah benda padat dengan film cukup tipis mengandung molekul organik dan mampu menghasilkan cahaya apabila mendapat aliran listrik.

Teknologi layar ini memiliki ketajaman layar yang sangat tinggi namun sedikit mengunakan daya listrik. AMOLED juga memiliki kelebihan dan kelemahan diantaranya.

Kelebihan Layar AMOLED

Meski digunakan dibawah sinar matahari layar jenis ini masih terlihat jernih.
Memiliki tingkat kecerahan yang sangat tinggi.
Mampu menghemat daya hingga 40%.
AMOLED memiliki pengaturan warna RGB, sehingga tampilan foto atau video lebih stabil.

Kelemahan Layar AMOLED

AMOLED merupakan teknologi layar jenis baru. Sebenarnya hampir tidak ada kelemahan yang ada di jenis layar ini. Namun perangkat yang mengusung teknologi layar AMOLED biasanya memiliki harga yang cukup tinggi.

Layar TFT

Layar jenis ini merupakan layar yang cukup boros menyedot daya baterai. Selain itu layar jenis TFT “Thin Film Transistor” tergolong layar mahal. Kelebihan dari layar TFT adalah memiliki tampilan yang sangat tajam dan respon sentuhan yang cukup cepat.

Advertisement
Mana yang Lebih Bagus, Teknologi Layar IPS LCD, AMOLED atau TFT? | Anthon | 4.5