Ini Perbedaan HP BM, Replika, dan Refurbish

Di pasar elektronik baik smartphone, tablet maupun produk elektronik lainya terdapat barang yang dijual secara resmi maupun yang sifatnya tidak resmi atau disebut ilegal. Seperti perangkat komunikasi atau ponsel, Selain berstatus resmi, ada pula yang sifatnya refurbished. Yang lebih parah lagi banyak terdapat ponsel yang berstatus replika atau dengan kata lain barang palsu di pasaran. Berikut perbedaanya.

HP BM (Black Market)

HP BM (Black Market)

BM yang merupakan istilah dari Black Market adalah barang asli namun didistribusikan secara ilegal. Barang jenis ini biasanya dipasarkan dengan harga lebih murah dari harga resminya. Mengapa barang Black Market lebih murah?. Alasanya adalah pendistribusian dari barang jenis ini masuk secara ilegal dan tidak membayar pajak kepada pemerintah setempat seperti pada umumnya.

HP Replika

HP Replika

Ada produk asli pastinya terdapat produk tiruanya. Nah, jadi berhati-hati saat membeli perangkat smartphone. Di pasar smartphone tanah air sendiri banyak terdapat produk-produk smartphone replika atau tiruan dari merk smartphone ternama seperti Apple iPhone, Samsung dan merk lainya.

HP replika adalah barang palsu yang dikemas sedemikian rupa seperti aslinya sehingga sulit untuk membedakanya. Biasanya HP jenis ini ditawarkan dengan harga sangat murah dari harga aslinya. Meskipun tampilan desain dan antarmuka hampir 100% menyerupai, namun untuk spesifikasi tak sebaik perangkat aslinya.

HP Refurbished

HP Refurbished

Yang terakhir perangkat pintar jenis Refurbished. Refurbished adalah barang rekondisi atau kata lain barang yang pernah dipakai kemudian mengalami kerusakan saat masih dalam masa garansi resmi. Karena mengalami kerusakan, si pengguna membawa perangkatnya ke service center untuk diperbaiki, namun karena kerusakanya terlalu fatal seperti mengganti mesin, akhirnya perangkat tersebut digantikan dengan yang baru dan perangkat yang rusak di perbaiki oleh service center resmi.

Setelah ponsel diperbaiki, fisik dari perangkat tersebut juga turut diperbaiki seperti terdapat goresan pada bodi dan noda yang menempel. Setelah terlihat benar-benar seperti ponsel baru, Akhirnya perangkat tersebut dijual kembali dengan harga lebih murah dari harga normalnya. Itulah yang disebut perangkat jenis Refurbished.

Advertisement
Ini Perbedaan HP BM, Replika, dan Refurbish | Anthon | 4.5