Ini Kelebihan dan Kekurangan OS Android, iOs, dan Windows Phone

Sistem operasi atau yang sering disebut OS (Operating System) merupakan sekumpulan perintah dasar yang memiliki tugas menjalankan dan mengoperasikan komputer. Pada perangkat mobile sendiri saat ini ada tiga sistem operasi yang bersaing ketat dipasaran diantaranya Android, iOs dan sistem operasi garapan Microsoft yakni Windows Phone.

Ketiga sistem operasi tersebut tentunya memiliki Kelebihan dan Kekurangan diberbagai sektor. Seperti yang telah dilansir Digital Trends, Kamis (23/4/2015). Berikut Kelebihan dan Kekurangan yang dimiliki OS Android, iOs, dan Windows Phone.

Keamanan

Pada sektor keamanan sistem operasi iOS menempati urutan teratas. Apple merupakan perusahaan teknologi terutama dibidang perangkat pintar smartphone yang ketat terhadap aplikasi Apple dan kemampuan untuk melakukan pembaruan ke perangkat lainnya. Hal ini yang menjadi penentu iOS dinilai memiliki keamanan lebih ketimbang kompetitornya yakni Android. Untuk Windows Phone, meski sistem operasi ini belum banyak digunakan, namun Microsoft tentu terus bekerja untuk meningkatkan sektor keamanan pada perangkatnya.

Ketahanan Baterai dan Manejemen

Baterai merupakan sektor vital dari perangkat smartphone. sulit membandingkan ketiga OS ini secara umum. di Android sendiri banyak tersedia aplikasi penghemat baterai dan kini di perangkat Android sendiri sudah tersedia fitur battery saver. Untuk sistem operasi Windows Phone terdapat fitur battery saver yang akan menunjukkan perkiraan masa hidup baterai.

Tak mau kalah dari kedua kompetitornya, Apple memperkenalkan statistik lebih rinci tentang penggunaan baterai melalui aplikasi yang terdapat di iOS 8. Namun sayangnya Apple tidak memiliki aplikasi atau mode battery saving yang terdapat di Android dan Windows Phone.

Rootiong atau Jailbreak

Microsoft dan Apple sebenarnya menentang cara untuk membuka bootloader. Namun untuk unlocking dan rooting, kedua OS ini kemungkinan dapat dilakukan. Kegiatan ini dapat dilakukan dibeberapa versi Windows, sedangkan sistem operasi iOs, Jailbreak merupakan salah satu pilihan saat ini. Sementara di Android Banyak OEM yang menawarkan cara untuk membuka bootloader.

Update OS

Ketiga sistem operasi ini diperbarui secara teratur, dari segi desain, fitur baru. Namun pembaruan tersebut lebih sedikit untuk perbaikan bug. Apple dan Microsoft berperan lebih besar terhadap update perangkat. Apple sendiri selalu meninggalkan versi lama ketika software baru diluncurkan.

Keterjangkauan

Microsoft pandai memproduksi hadware dengan harga yang relatif murah. Ada perangkat Windows Phone yang mampu bersaing dengan produk iOs dan Android, seperti Lumia 435. Apple dikenal dengan harga perangkat pintar yang cukup mahal. Di sektor ini Android menjadi pemenang karena selain terdapat banyak pilihan handset murah dari berbagai vendor berbeda, Android unggul diantara OS lainya soal ketersediaan aplikasi murah yang ada di perangkat tersebut.

Aplikasi

Di sektor ini Windows Phone tertinggal jauh dari dua platform lainya. iOs sendiri menjadi platform yang lebih menggiurkan bagi pengembang dan lebih mudah mengembangkan aplikasi di sini. Namun hal tersebut terpatahkan mengingat pagsa pasar Android terus tumbuh semakin pesat. PlayStore yang merupakan toko aplikasi Android memiliki presentase aplikasi gratis lebih tinggi ketimbang App Store.

Interface

Windows Phone hadir dengan gaya khas Windows 8 di PC, dengan tampilan grid “Live Tiles”, pengguna dapat mengatur dan mengubah Live Tiles tersebut. Namun terkadang Windows Phone bekerja lamban dibanding dengan iOS dan Android.

Apple telah mendesain ulang tampilan dari iOS 7. Tapi ada sebagian pengguna mengeluhkan bahwa versi terbaru iOS kurang nyaman dipandang.
Apple sendiri telah meng-update iOS tersebut, namun estetika yang dibawa handset itu tetap tidak berubah.

Perbedaan besar ialah banyak produsen perangkat Android telah mengubah antar muka atau user interface (UI) dengan kostumisasi mereka sendiri di atas persediaan Android. Hal ini membuat sistem Android sangat bervariasi dibanding dengan OS lainnya.

Toko Aplikasi Alternatif

Android memiliki toko aplikasi online alternatif di luar Google Play Store meskipun dapat menimbulkan resiko malware. Sedangkan untuk Apple dan Microsoft menentang hal tersebut. Kedua platform ini mengharapkan penggunanya untuk tetap mengunduh aplikasi di market resminya. Jika mengiginkan pilihan aplikasi yang lebih luas, platform Android adalah pilihanya.

Advertisement
Ini Kelebihan dan Kekurangan OS Android, iOs, dan Windows Phone | Anthon | 4.5