Home Internet IDM – Internet Download Manager

Pengguna internet kebanyakan menggunakan internet adalah untuk mencari informasi dan juga sesuatu yang dicarinya. Terkadang informasi tersebut harus di download terlebih dahulu untuk bisa digunakan. Misalnya saja seperti konten bentuk ebook, video, lagu, dan juga konten lainnya. Namun kadang kala kita sangat jengkel dengan koneksi internet yang lamban ataupun lemot. Sehingga kita tidak jadi untuk mengunduhnya. Tetapi kali ini anda bisa menggunakan IDM yang akan membantu proses download anda lebih cepat.

Internet Download Manager atau biasa disingkat IDM merupakan salah satu perangkat lunak yang bisa anda gunakan di komputer ataupun laptop untuk mempercepat proses download anda. Perangkat lunak buatan salah seorang di New York ini merupakan perangkat yang paling banyak digunakan untuk membantu pengguna yang ingin mengunduh dengan cepat.

Dengan IDM ini, anda bisa mengunduh hingga 5 kali lebih cepat dari sebelumnya. Jika dibandingkan dengan perngkat lunak yang lainnya, Internet Download Manager bisa dipastikan menduduki peringkat atas. Pasalnya IDM sendiri memiliki cara kerja yang disebut multipart, dan cara kerja tersebut berbeda dengan perangkat yang sejenis. Sehingga anda akan menikmati proseso download lebih cepat dan hemat.

Seperti yang saya katakan tadi, IDM menggunakan cara kerja multipart, yaitu sebuah cara kerja yang membagi berkas sebanyak 4 hingga 16 part dan nantinya akan mengunduh secara berlangsung. Jika sudah selesai, maka berkas tersebut akan disatukan kembali tanpa ada yang rusak. Selain itu, jika salah satu berkas bagian tersebut mengalami lambat, maka kecepatan dari berkas lain akan dilimpahkan ke berkas yang mengalami lambat tadi. Sehingga nantinya kecepatan masing-masing bagian akan mendapatkan kecepatan yang sama.

IDM - Internet Download Manager

IDM – Internet Download Manager

Selain itu, dengan IDM sendiri anda bisa memanfaatkan fitur IDM yang mendukung melanjutkan berkas unduhan yang sebelumnya di pause atau gagal. Sehingga akan memudahkan anda yang ingin mengunduh file saat komputer dimatikan. Terdapat juga fitur penjadwalan yang berfungsi menjadwalkan pengunduhan, mematikan, dan lain sebagainya.

IDM sendiri sudah tersedia banyak bahasa, sehingga akan memudahkan anda untuk memahaminya. IDM juga memiliki fitur one click download. Yaitu sebuah fitur dengan ceara kerja menganalisa halaman, dan nantinya akan terdapat tombol Internet Download Manager jika terdapat file yang bisa di download. Misalnya seperti file video, lagu, ataupun lainnya.

Fitur lain yang terdapat pada IDM adalah fitur integrasi dengan web browser seperti Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer, Avant Browser, dan lain sebagainya.