Ciri-ciri Baterai Ponsel Mengalami Kerusakan

Pengguna smartphone semakin hari semakin bertambah jumlahnya, Hampir semua kalangan memiliki perangkat yang satu ini. Fungsi ponsel pun saat ini tak lagi hanya untuk sekedar telepon dan SMS saja, namun banyak fungsi-fungsi lainya yang hadir seperti menyelesaikan pekerjaan, mencari informasi dengan terhubung ke layanan internet, bermain game dan banyak lagi.

Smartphone saat ini dibekali baterai berjenis Li-Ion atau Li-Polimer yang dapat bertahan hingga 2-3 tahun. Namun terkadang karena pemakaian yang salah membuat performa baterai tidak optimal, mengakibatkan baterai tersebut cepat mengalami kerusakan. Jika Anda mengalami indikasi atau gejala berikut, segera ganti baterai tersebut.

1. Panas yang berlebihan
Pada saat mengenggamnya smartphone cepat terasa panas, jika Anda terlalu sering menggunakan ponsel, juga menyebabkan baterai terasa panas. Namun jika smartphone Anda terasa panas berlebihan, meski Anda jarang menyentuhnya. Sebaiknya cek kondisi baterai tersebut.

2. Baterai cepat habis meski baru men-charge
Pastikan tidak ada aplikasi sedang aktif yang menyababkan baterai cepat terkuras. Jika hal itu sudah anda lakukan, tapi dalam waktu satu atau dua jam baterai tetap terkuras, dapat dipastikan ada yang salah terhadap baterai ponsel Anda.

3. Baterai menggelembung
Jika bentuk baterai mengalami perubahan fisik menggelembung bahkan mengeluarkan cairan, sudah pasti ada masalah dengan rangkaian dalam baterai.

Advertisement
Ciri-ciri Baterai Ponsel Mengalami Kerusakan | Anthon | 4.5