Cara Mudah Proteksi USB Port dengan Password

Aingindra.com – Bagi anda yang seringkali menempatkan dokumen maupun file lain di komputer yang dirasa penting tentunya akan butuh pengaman ataupun password guna menjaganya dari pencurian data yang kini marak terjadi.

Salah satu yang dapat anda lakukan yakni dengan melakukan proteksi via USB Port jika dirasa pencurian data sering terjadi lewat jalur tersebut. Ya biasanya teman sekantor anda yang tak ingin ribet dengan banyaknya kerjaan dokumen lebih memilih mengcopy dokumen milik anda yang berada di komputer dengan menggunakan flashdisk. Nah hal tersebut dapat anda atasi dengan melakukan pengamanan dari sisi USB Port.

Cara kerja dari pengamanan ini terbilang cukup simple, yakni ketika rekan anda yang ingin melakukan copy data maka seketika para pengguna akan dihantarkan ke form password untuk dapat melakukan copy data tersebut.

Nah anda dapat melakukan hal tersebut dikomputer anda baik dikantor maupun dirumah, namun dengan beberapa hal. Dimana anda harus menggunakan layanan pihak ketika atau dibantu dengan aplikasi agar dapat memproteksi sisi tersebut.

Cara Mudah Proteksi USB Port dengan Password

Aplikasi pihak ketiga yakni MyUSBOnly yang dapat anda dapatkan dengan browsing di internet. Adapun beberapa kelebihan dari aplikasi ini yakni kemampuannya dalam mencegah kehilangan data, mampu menghentikan kebocoran informasi perihal data pribadi anda, Diam-diam meng-log semua koneksi USB dan memutuskan aktivitas serta fitur notifikasi email saat ada pengguna yang menggunakan port usb anda.

Langkah pertama yang harus anda lakukan yakni dengan mengunduh software tersebut dan menginstallnya ke komputer anda. Selanjutnya akan ada notifikasi berupa iko USB di System Tray. Lalu Kemudiann pilih Pengaturan Umum.

Anda akan dihantarkan ke form password dimana anda diharuskan memasukkan password anda sebagai sandi atau pengaman di bagian USB Port kemudian piliha “Allow”. Namun jika anda tak memasukkan password anda maka software ini akan membaca password default anda yakni “0000” yang dapat anda rubah kapanpun sesuka anda. Sekarang jendela baru akan terbuka dan Anda dapat menyesuaikan pengaturannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Nah sistem tersebut akan secara otomatis berjalan ketika komputer anda mendeteksi USB yang tak dikenali alias asing, tentunya sistem notifikasi akan langsung berjalan dengan mengirimkan email ke anda. Mudah bukan, selamat mencoba.

Advertisement
Cara Mudah Proteksi USB Port dengan Password | Imam Bukhori | 4.5