Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android Yang Terhapus

Setiap smartphone berbasis Android memiliki aplikasi default atau aplikasi bawaan yang sudah terinstal di dalamnya. Namun bagaimana jika aplikasi default tersebut tiba-tiba hilang atau terhapus tanpa sebab yang jelas. Anda tidak perlu khawatir, pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai cara mengembalikan aplikasi default Android yang terhapus.

Sebenarnya ada tiga poin penyebab aplikasi bawaan ponsel Android hilang, yang pertama karena banyaknya Chace yang menumpuk, karena dihapus dengan sengaja dan crash dengan aplikasi lain yang terinstal pada smartphone. Lalu bagaimana solusi dari permasalahan tersebut. Berikut ulasanya.

Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Terhapus Dengan Menghilangkan Data / Cache / Dalvik Cache / Temporary File.

Pada beberapa kasus yang terjadi disebabkan oleh menumpuk chace yang membuat memori pada smartphone Android terkuras. Menumpuknya chace juga dapat menyebabkan aplikasi crash bahkan yang paling parah aplikasi default dapat disembunyikan oleh dalvik cache.

Dalvik Cache adalah file temporary yang terus bertambah setiap kali membuka atau menggunakan sebuah aplikasi. Solusi untuk mengatasi agar chace tidak menumpuk sangatlah mudah. Masuk ke menu Setting > Apps > pilih aplikasi atau yang hilang (sebagai contoh aplikasi browser bawaan Android yang hilang) > kemudian pilih atau Clear Data, seperti gambar dibawah.

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android Yang Terhapus

Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Terhapus Dengan Sengaja.

Pada kasus ini mungkin Anda merasa aplikasi default tersebut tidak terlalu dibutuhkan dan menghapusnya dengan sengaja. Untuk mengembalikannya hanya dengan meng-inject lagi aplikasi yang terhapus ke dalam /system/app/ dan jangan lupa untuk merubah permissions nya seperti gambar dibawah.

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android Yang Terhapus

Cara Mengembalikan Aplikasi Yang disebabkan Crash Dengan Aplikasi Lain.

Karena kurang selektif memilih aplikasi yang terdapat di Play Store, aplikasi default di Android bisa hilang. Biasanya masalah crash ini timbul karena aplikasi yang baru di instal memiliki kesamaan dengan aplikasi bawaan Android. Solusinya cukup mudah untuk mengembalikan aplikasi default yang hilang dengan cara uninstall aplikasi baru yang menjadi penyebab aplikasi crash.

Demikian sedikit tips bagaimana Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android Yang Terhapus. Semoga informasi yang dihadirkan sangat bermanfaat terutama bagi pengguna smartphone berbasis Android yang mengalami masalah tersebut. Informasi teknologi menarik lainya dapat Anda temukan dengan meng-akses website kami di www.aingindra.com.

Advertisement
Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android Yang Terhapus | Anthon | 4.5