Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Aingindra.com – Bagi anda para pengguna perangkat Laptop, tentu seringkali mengalami laptop anda terasa panas akibat pemakaian yang lama. Hal tersebut masih terbilang wajar karena memang kinerja perangkat tersebut ditopang dengan kipas kecil, tak pelak jika daya tahan pemakaian wajar laptop tersebut hanya sampai 3 jam untuk mencapai titik awal panas.

Nah jika anda teruskan menggunakan laptop dalam kondisi tersebut maka kemungkinan akan terjadi overheat, ngebleng, atau bahkan muncul aroma terbakar. Tentu hal tersebut sangat mengganggu para pengguna terlebih lagi pekerjaan yang dilakukan belum selesai atau lagi asik bermain game.

Namun bagi para pengguna yang mengalami hal serupa sebenarnya tak perlu khawatir lagi akan laptop anda yang cepat panas, pasalnya jika dilakukan perawatan rutin dapat dipastikan laptop anda tetap dalam keadaan prima, namun jika tak sempat anda dapat menggunakan beberapa alat pendukung maupun melalui pengaturan laptop tersebut agar tak cepat panas.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Menggunakan Colling Pad

Hal pertama yang dapa anda lakukan yakni dengan membeli pendingin laptop yang sering dinamai “Colling Pad”. Peralatan tersebut sejatinya merupakan kipas yang diperuntukkan mendinginkan bagian prosesor laptop agar tak cepat panas. Colling Pad dapat menurunkan suhu panas dari laptop itu sendiri dan membuat nyaman para pengguna karena laptop mendapat alas, sehingga kipas laptop memiliki sirkulasi bebas.

Membersihkan Kipas Laptop

Kipas laptop juga turut menjadi faktor penting cepat panasnya perangkat anda. Hal tersebut lebih dikarenakan banyaknya debu yang masuk dan menempel dikipas tersebut sehingga menimbulkan kerak berlebih, tentu hal tersebut membuat kipas tak berfungsi maksimal sebagai pendingin alhasil laptop anda cepat panas.

Mengganti Thermal Paste CPU

Langkah selanjutnya yakni dengan mengganti beberapa komponen seperti halnya Thermal Paste CPU yang memiliki fungsi sebagai penghantar suhu panas. Jika laptop anda sering mengalami Overheat, hang, dan juga cepat panas tak ada salahnya untuk sering-sering melakukan pengecekan dibagian ini.

Melakukan Settingan Laptop

Tak hanya dengan sisi teknis diluar laptop bahkan dibagian pengaturanpun kita dapat meminimalisir tingkat panas laptop tersebut. Ya sadar tidak sadar tingkat kecerahan layar juga turut mendorong laptop kita cepat panas sama halnya juga screen saver. Untuk itu tak ada salahnya untuk melakukan settinganl laptop dengan bijak dan sesuai kebutuhan.

Advertisement
Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas | Imam Bukhori | 4.5