Cara Mencegah Virus Autorun Menginfeksi Flashdisk

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa perkembangan teknologi saat ini mengalami kemajuan yang cukup pesat. Namun hal tersebut diikuti dengan sisi negatif berkembangnya malware atau virus yang semakin meresahkan pengguna internet global. Salah satu dari sekian banyak kasus yang terjadi adalah virus Autorun.inf yang menyelinap masuk ke dalam perangkat portabel seperti flashdisk.

Autorun.inf sendiri menjadi suatu file yang sering dicurigai keberadaanya di perangkat portabel flashdisk. Autorun.inf memiliki fungsi menjalankan suatu instruksi atau perintah secara otomatis ketika flashdisk tersebut aktif. Berbagai macam cara telah dikembangkan para developer aplikasi untuk mencegah file autorun menjejali Flashdisk bagi para pengguna perangkat komputer.

Untuk menghindari Autorun.inf menjangkit perangkat portabel (Flashdisk) yang Anda miliki, Panda USB Vaccine adalah solusinya. Aplikasi ini hanya berukuran kecil sekitar 2MB, namun memiliki fungsi sebagai jalannya autorun dari komputer dan juga Flashdisk si pengguna, sehingga memungkinkan perangkat komputer akan terhindar dari gangguan autorun.

Cara Mencegah Virus Autorun Menginfeksi Flashdisk

Sistem kerja dari aplikasi ini adalah mematikan autorun di setiap komputer dan menolak setiap Flashdisk agar tidak menciptakan file autorun.inf. User Interfacenya juga sangat mudah dipahami. Pada tampilanya, Panda USB Vaccine memiliki dua tombol, yang pertama Vaccinate Computer yang berfungsi untuk mematikan autorun yang dimiliki oleh komputer dan tombol kedua ialah Vaccinate USB untuk memblok autorun yang berada di Flashdisk.

Tapi yang perlu diperhatikan bahwa aplikasi ini tidak dapat menggantikan aplikasi anti virus yang terinstal pada komputer. Panda USB Vaccine sendiri hanya sebagai pelengkap aplikasi anti virus karena tidak memiliki fitur scan untuk menangkal virus layaknya aplikasi anti virus kebanyakan. Unduh aplikasinya disini

Advertisement
Cara Mencegah Virus Autorun Menginfeksi Flashdisk | Anthon | 4.5