Home Internet Cara Kerja Internet

Cara Kerja Internet – Seperti yang diketahui sebelumnya, Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang terkumpul menjadi satu. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa Internet adalah jaringan komputer terbesar di dunia. Internet merupakan singkatan dari interconnected network. Sudah banyak yang mengetahui tentang ini, namun masih sedikit orang yang mengerti, bagaimana sih cara kerja internet itu sendiri. Karena kebanyakan dari kita, hanya menggunakan internet ala kadarnya tanpa mengetahui cara kerjanya.

Namun, kali ini saya akan sedikit mengulas bagaimana sih cara kerja Internet itu sendiri. Hingga kita dapat menggunakannya dan dapat mengakses web-web, membuka dan Membuat Email, Social Media seperti detik.com, facebook.com, twitter,com, yahoo.com, dan berbagai situs lain. Jadi, anda dapat mengetahui, bagaimana alur internet dari server, hingga menuju ke client.

Internet pada dasarnya adalah mengakses web/situs yang tersedia di seluruh dunia, yang sebenarnya di taruh di dalam satu server yang tersebar di seluruh dunia. Server tersebut saling terhubung satu sama lain sehingga dapat diakses di tempat lain. Setiap server, memiliki IP Address atau Internet Protocol. IP adalah sebuah deretan angka yang menandai server layaknya seperti alamat. Jadi, satu server yang memiliki IP yang terkoneksi dengan internet, tidak akan sama dengan server lain. Sehingga, satu IP address akan dimiliki hanya oleh satu server saja.

Sebagai studi kasus seperti ini. Jika anda mengakses salah satu web di browser, contohnya aingindra.com. Maka sebenarnya anda mengakses sebuah server yang memiliki IP address. Disini, Aingindra.com memiliki IP address 74.125.31.121 yang sebenarnya anda akses.


Jadi alurnya kurang lebih seperti ini. Anda mengakses blog aingindra.com sebagai request yang dikirimkan, lalu akan melalui beberapa langkah. Dari komputer anda, request tersebut disaring di router, apakah request tersebut memiliki hal atau unsur yang melanggar. Setelah itu, request tersebut di terima ke DNS lalu diubah menjadi sebuah IP. Setelah itu di broadcast ke seluruh alamat yang terdaftar di DNS tersebut, jika ada maka akan mencari letak web server tersebut. Jika sudah menemukannya, maka content tersebut akan dikirimkan kepada yang request.

Jadi, dapat disimpulkan secara singkat seperti ini. Semua alamat web atau situs yang tersedia di Internet, sebenarnya kita mengakses sebuah IP address yang mempunyai konten. Namun, karena adanya DNS, maka kita dimudahkan untuk mengingat alamat website tersebut.