Android L, Antara Lollipop dan Licorice

Pengguna gadget berbasis sistem operasi Android sudah tidak sabar lagi menantikan kehadiran OS terbaru Android L di perangkat mereka. Singkatan dari L sendiri masih menjadi misteri, banyak kalangan yang memprediksi bahwa kepanjangan dari L adalah Lollipop. Namun kabar terbaru saat ini yang berkembang, Android L adalah kepanjangan dari Android Licorice.

Google sebagai pengembang sistem operasi Android, dijadwalkan akan meluncurkan OS Android L esok hari (16/10). Selain sistem operasi tersebut, google juga akan merilis perangkat tablet Nexus 9 produksi HTC. Tablet dengan bentang layar 8,9 inci berbekal resolusi 2048 x 1440 piksel tersebut, diklaim sebagai lawan sepadan iPad yang mendominasi pangsa pasar tablet.

Nexus 9 memiliki spesifikasi yang mumpuni, tablet ini ditenagai prosesor yang handal, yakni prosesor Nvidia Terbaru Tegra K1 64-bit. Untuk sisi kamera, Nexus menyematkan dua buah kamera, yang masing-masing dibekali resolusi 8 megapiksel pada kamera belakang dan 3 megapiksel untuk kamera depan. Nexus 9 sudah dipastikan akan didukung OS terbaru Android L.

Dari segi harga yang ditawarkan, Nexus 9 dibanderol lebih murah dari iPad yang dijual dengan harga sekitar Rp 6 juta lebih. PC World merilis bahwa Nexus 9 akan dibanderol kisaran USD 400-500 saja.

Menjelang kelahiran sistem operasi terbaru Android, hanya dua nama ini yang berpeluang dipakai oleh Google, antara Lollipop dan Licorice. Sementara nama makanan yang sempat diprediksi masuk sebagai nama OS terbaru ini ‘Lemon Meringue Pie’ kemungkinan tidak lagi dipilih.

Advertisement
Android L, Antara Lollipop dan Licorice | Anthon | 4.5