Adu Kekuatan Smartphone mid-end, Xiaomi Mi4 vs Asus Padfone S

Perangkat pintar dengan label Xiaomi sudah tidak asing lagi di pasar smartphone tanah air. Berbagai produk smartphone yang dihadirkan vendor asal Cina ini sudah sejajar bahkan unggul dari produk-produk gadget dari vendor ternama seperti Samsung, Lenovo, Asus dan sebagainya. Xiaomi sendiri baru-baru ini telah resmi meluncurkan smartphone berbasis Android dengan nama Xiaomi Mi4.

Pada kesempatan kali ini akan diulas dua kekuatan smartphone kelas mid-end antara Xiaomi Mi4 vs Asus Padfone S. Siapakah yang lebih unggul diantara keduanya.

Display

  • Tahap pertama menuju ke sektor layar atau display. Xiaomi berbekal teknologi layar IPS (In-plane switching) berukuran 5 inci atau setara 1920 x 1080 piksel. Layar tersebut memiliki kerapatan hingga 441ppi. Sedangkan Asus membekali Padfone S dengan teknologi layar yang sama, yakni IPS, dengan tingkat resolusi, kerapatan piksel dan luas layar yang setara.

Sistem Operasi

  • Masuk pada sistem software yang digunakan, Kedua smartphone tersebut sama-sama menjalankan sistem operasi berbasis Android versi KitKat. Nmaun versi yang digunakan Xiaomi Mi4 lebih baru yakni 4.4.3. Sementara Asus Padfone S berjalan pada versi lama 4.4.2.

Prosesor

  • Xiaomi Mi4 hadir dengan dipersenjatai kekuatan prosesor quad core Snapdragon 801 berkecepatan 2,5 GHz ditopang GPU Adreno 330 yang merupakan pengelola grafis. Padfone S hadir dengan prosesor dan pengelola grafis yang sama. Namun kecepatan prosesor yang tersemat pada Padfone S lebih rendah, yakni 2,3 GHz.

RAM dan Memori

  • Untuk menopang performa dari chip prosesor, Xiaomi membekali Mi4 dengan RAM sebesar 3GB. Pada memori internalnya sendiri, Mi4 dibekali ruang simpan 16 atau 32GB non microSD. Berbeda dengan Padfone S yang dapat diupgrade hingga 64GB. Asus membekali Padfone S dengan penyimpanan internal sebesar 16GB. Berbeda dengan kapasitas RAM pada Xiaomi Mi4, Padfone S dibekali RAM sebesar 2GB saja.

Kamera

  • Beralih ke sektor kamera, keduanya menghadirkan kualitas mumpuni pada kamera utama. Dua smartphone pintar tersebut mengusung kamera beresolusi 13 megapiksel. Perbedaan tampak pada bagian kamera depan, Xiaomi Mi4 berbekal lensa kamera beresolusi 8 megapiksel, sedangkan Padfone S hanya memiliki 2 megapiksel.

Baterai

  • Perbedaan yang jauh terletak pada sektor ini. Xiaomi lebih unggul dengan baterai berkapasitas besar, yakni 3080mAh. Sedangkan Asus hanya membekali smartphone Hybrid-nya hanya dengan daya 2300mAh.

Harga dan Ketersediaan

  • Dua gadget ini telah resmi hadir di Indonesia. Namun Xiaomi Mi4 baru dapat Anda temui di toko-toko online dengan harga Rp 4,7 jutaan (versi memori internal 16GB). Sementara Padfone S sudah tersedia di berbagai outlet di tanah air dengan harga sedikit lebih murah yakni Rp. 4,5 jutaan.
Advertisement
Adu Kekuatan Smartphone mid-end, Xiaomi Mi4 vs Asus Padfone S | Anthon | 4.5