5 Alasan Baterai Ponsel Lama Terisi Saat Dicas

Saat ini masih sedikit vendor smartphone yang membekali teknologi pengisian baterai super cepat pada ponsel garapanya. Salah satu produsen yang telah melakukan hal tersebut adalah OPPO dengan teknologi pengisian baterai VOOC Flash Charge yang mampu mengisi daya baterai dari 0-75% hanya dalam waktu 30 menit saja.

Namun bagaimana jika pengisian baterai smartphone yang Anda miliki telah melebihi standarisasi pengisian. Misalkan smartphone telah dicharger berjam-jam, Tapi tidak ada tanda-tanda baterai pada smartphone terisi penuh. Jika ini terjadi, ada beberapa alasan mengapa proses pengisian tidak berjalan seperti biasanya. Berikut ulasanya.

Faktor smartphone

Cepat atau lambat pengisian dari sebuah baterai tergantung terhadap hardware pada smartphone. Terutama pada sektor prosesor yang didukung. Biasanya prosesor model lama lebih lambat dibanding prosesor model baru dalam mendukung pengisian baterai.

Sebagai contoh perangkat Samsung Galaxy S2 dengan Galaxy S6. Kedua handset tersebut memiliki perbedaan jauh dalam mengisi daya baterai. Galaxy S2 mengusung baterai model lama, sementara Galaxy S6 telah mengadopsi prosesor tipe baru yang mana Galaxy S6 lebih cepat mengisi daya baterai.

Sumber Daya

Faktor lainya yang menyebabkan baterai lama terisi penuh adalah sumber daya. Sumber daya yang berbeda akan menyebabkan baterai lambat terisi. Seperti pada saat men-charger smartphone di perangkat laptop atau komputer.

Bila perangkat yang Anda gunakan mendukung pengisian dengan sistem Wireless, baterai akan terisi lebih cepat dibanding mencolokanya ke listrik.

Adaptor

Adaptor berperan penting dalam hal pengisian daya baterai. setiap vendor smartphone sudah menyiapkan adaptor/charger khusus disetiap perangkatnya. Jadi jika mengunakan adaptor/charger berbeda, memungkinkan baterai pada handset akan terisi lama bahkan rusak akibat tegangan, watt, dan amper, yang berbeda.

Baterai Rusak

Baterai dengan penggunaan lama dipastikan akan mengalami penurunan performa. Cek ulang apakah baterai pada handset dalam kondisi baik. Baterai gelembung atau rusak pada bagian fisiknya memungkinkan berpengaruh pada proses pengisian.

Kabel USB bermasalah

Alasan utama yang menghambat proses pengisian baterai adalah Kabel USB yang bermasalah. Pastikan Kabel USB berada dalam posisi baik tidak terlilit, rusak pada bagian ujung, dan lain sebagainya.

Advertisement
5 Alasan Baterai Ponsel Lama Terisi Saat Dicas | Anthon | 4.5