4 Cara Membuat Windows 10 Lebih Cepat dan Responsive

Microsoft baru saja meluncurkan sistem operasi terbaru penerus Windows 8 yakni Windows 10. OS yang telah diunduh hingga 53 juta ini hadir dengan membawa berbagai peningkatan dan pembaruan di beberapa sektor, seperti munculnya kembali tombol start yang sempat hilang di Windows 8. Mungkin bagi sebagian pengguna Windows 10 mengalami masalah setelah memperbarui sistem operasi pada perangkat komputernya. Faktor-faktor yang menyebabkan Windows 10 berjalan lambat salah satunya adalah RAM berkapasitas minim.

Untuk meminimalisir menurunya performa Windows 10 saat digunakan, berikut beberapa tips mudah agar performa sistem operasi terbaru Windows 10 berjalan Optimal.

Seperti yang telah dilansir pada sebuah laman Maximumpc, Rabu (19/8/2015), Menurunya performa dari sebuah perangkat komputer dapat disebabkan oleh kapasitas RAM yang minim. Selain itu pengaturan yang berlebihan seperti mengaktifkan banyak efek transisi dan mengaktifkan program saat pertama kali PC dihidupkan menjadi salah satu hal yang mengakibatkan kecepatan performa PC dengan OS Windows 10 menurun.

Non-Aktifkan Efek Transparansi

Agar responsivitas dari sebuah PC dengan Windows 10 berjalan baik, Pengguna dapat menonaktifkan fitur efek transparasi bawaan dari sistem operasi tersebut dengan cara mengakses menu “Personalize” kemudian pilih “Colors” dan Non-aktifkan dengan cara mematikan “Make Start, taskbar, and action center transparent”.

Non-Aktifkan Program di Startup

Aktifnya suatu program atau aplikasi saat Windows 10 startup atau dihidupkan selain memakan memori RAM juga akan memperlambat proses booting. Untuk menonaktifkan program-program mana saja yang aktif saat startup, pengguna Windows 10 bisa mengklik kanan pada tombol start dan pilih “Task Manager” kemudian klik “Startup” lalu arahkan pada program yang ingin dinonaktifkan, pilih “Disable”.

Non-Aktifkan Layanan yang Tidak Perlu

Layanan yang terdapat pada sistem operasi Windows khususnya versi 10 sama halnya dengan program yang terdapat di mode Startup. Namun Layanan atau Service ini lebih penting peranannya pada sistem operasi keseluruhan Windows. Namun terdapat beberapa layanan yang tidak terlalu penting bagi pengguna.

Untuk menonaktifkannya sama dengan mematikan program di Startup. Namun setelah mengklik Task Manager, penggunan mengakses menu Service. Setelah itu pengguna dapat meng-klik kanan pada service atau layanan yang spesifik dan kemudian pilih “Stop”.

Non-Aktifkan Shadows & Animations

Aktifnya berbagai efek pada Windows 10 dapat memperlambat performa perangkat PC. Agar perangkat tersebut berjalan lancara, penggunanya dapat menonaktifkan fitur tersebut dengan cara masuk ke sistem. Klik tombol Start > Pilih System > klik Advanced System Settings, tab Advanced lalu klik tombol Settings di bawah performa dan tap “Adjust for best performance” atau secara manual mematikan setiap efek-efek.

Nah, itu tadi tips agar performa sistem operasi Windows 10 berjalan baik di perangkat desktop PC maupun laptop. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Advertisement
4 Cara Membuat Windows 10 Lebih Cepat dan Responsive | Anthon | 4.5